Saudara-saudara sekalian, untuk anda yang menaruh uang anda di pasar modal Indonesia, maka anda sudah mendapatkan cuan yang gede. Coba perhatikan angka berikut.

IHSG per 08/02/2012 : 3988.699
IHSG per 08/02/2013: 4491.267
Total Return: 12.6%

Berdasarkan angka tersebut, banyak orang yang masih optimis dengan kondisi pasar kita. Namun, coba kita cermati, apa yang terjadi bila seseorang diberikan daftar angka yang lain:

USD/IDR 08/02/ 2012: 8,870
USD/IDR 08/02/2013:  9,667
Total: 8.9%

Oh tidak! Apa artinya angka tersebut? Angka di atas menunjukkan bahwa performa IHSG tidak sebagus yang kita kira. Tentu saja, angka yang dicapai IHSG masih bisa diterima, sekitar 3.5%, namun ini menunjukkan bahwa dalam perjalanan seorang investor, ada banyak faktor yang ikut menentukan performa dari portfolio kita. Bukan saja absolute return dari index itu, tetapi juga bagaimana performance sebuah instrumen investasi dibandingkan dengan produk lainnya. Silakan lihat chart dibawah ini.

 

Performa IHSG Dalam Rupiah

Performa IHSG dalam USD

Banyak orang mengatakan kepada saya, bahwa tidak lah perlu menjadi se-sophisticated itu, namun pada kenyataannya, di dalam ekonomi, ada komponen opportunity cost, dan inilah yang membuat kita harus jeli dalam menilai performance kita. Jika tidak, maka kita tidak jujur kepada diri sendiri. After all, uang yang kita pakai untuk membeli saham IHSG, bisa juga digunakan untuk membeli properti, index luar negeri, emas, obligasi dan lain-lain. Tentunya ini lebih berlaku lagi bila anda adalah seorang investor yang memiliki produk yang bermacam-macam dan memiliki exposure ke USD. Namun, bila dipikir-pikir, kebanyakan investor memiliki investasi yang beragam, dari asuransi, property dan emas. Dan banyak juga barang yang kita konsumsi, sebenarnya juga didapat dari impor, yang tentu saja perdagangannya masih didominasi USD.

So, pertanyaannya, bila waktu bisa diputar kembali ke tahun lalu, dengan pengetahuan yang kita dapatkan sekarang, di mana kita bisa berinvestasi untuk mendapatkan return yang lebih baik? Saya kira Anda bisa lihat Dow Jones. 🙂

DJIA 08/02/2012: 12,883.84
DJIA 08/02/2013: 13,992.97

Berapa returnnya? Silakan anda hitung sendiri. Namun untuk sekadar ilustrasi, berikut perbandingan chart IHSG (biru) vs DJIA (kuning) dalam chart not normalized (dalam mata uang masing-masing) dengan normalized (dalam 1 mata uang).

Performa Index dalam IDR (IHSG) dan USD (DJIA)

 

Performa Index dalam IDR